Resep Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang – Kenapa nama kue ini Kembang Goyang? Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional Betawi, yang bentuknya menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses pembuatannya digoyang-goyang di atas minyak panas hingga adonan bisa terlepas dari cetakan.

Kue Kembang Goyang disajikan pada saat hari raya Idul Fitri dan acara hajatan, salah satu kue tradisional nusantara yang disajikan untuk tamu yang bersilaturahmi karena memiliki rasa renyah dan gurih. Nama lain dari kue kembang goyang adalah kembang loyang.

Bahan untuk pembuatan kue ini sangat mudah didapatkan, kali ini kami akan memberikan resep bahan apa saja yang dibutuhkan sampai proses pembuatannya hingga selesai.

Bahan-Bahan Kue Kembang Goyang :

– Telur ayam sebanyak 2 butir
– Tepung beras yang berkualitas bagus sebanyak 150 gram
– Tepung sagu 50 gram
– Gula bubuk 50 gram
– Garam 1/2 sendok teh
– Wijen putih sekiranya 50 gram
– Santan 250 ml
– Minyak goreng secukupnya

kembang loyang1 kembang loyang2

Cara Memasak Kue Kembang Goyang:

– Untuk membuat bahan kue kering kembang goyang, pertama-tama buat untuk adonan lebih-lebih dulu. Kocok telur bersama dengan gula sampai mengembang baru setelah itu anda masukan bahan lainnya seperti tepung sagu, tepung beras, santan, garam dan wijen.

– Langkah selanjutnya, aduk kembali seluruh bahan sampai licin atau kalis dan setelah itu anda panaskan minyak dalam jumlah yang secukupnya untuk nantinya menyelupkan satu persatu kue kembang goyang yang sudah dicetak sebelumnya.

– Kalau minyak telah lumayan panas dan adonan telah dicetak, langkah selanjutnya masukkan adonan dengan cetakannya ke dalam minyak yang panas. Buat juga untuk isi cetakannya tak boleh terlampaui penuh atau menutupi permukaan cetakan.

– Sesudah masuk ke dalam wajan penggorengan, goyang-goyangkan sampai adonan terlepas dengan sendirinya dan beralih warna menjadi kuning kecoklatan. Seandainya telah berubah warna maka angkat dulu kue nya dan tiriskan. Jalankan proses ini sampai seluruh adonan kue habis.

– Terakhir maka kue kering kembang goyang gurih siap disantap dengan keluarga tercinta.

Leave a Comment